11 Ide Penemuan Teknologi Modern Berasal dari Cerita Fiksi Ilmiah


1. Telepon genggam

Dewasa ini siapa yang tidak mengenal telepon genggam atau handphone? Alat komunikasi pribadi ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan mobilitas setiap pribadi di kota-kota besar. Produksi secara masal telah menjadikan telepon genggam sebagai alat komunikasi murah dan cepat.

Matt Dodson sedang berjalan-jalan dengan temannya.

“Bicaralah, teleponmu berdering.”

“Oh!” Matt meraba-raba ke dalam sakunya dan mengambil teleponnya.

“Hello?”

“Kamu, ya, Nak?” terdengar suara ayahnya.

Dikutip dari cerita Space Cadet oleh Robert Heinlein, dipublikasikan oleh Scribner’s Sons tahun 1948.

2. Bom Atom

Dalam 1905, sebagai bagian dari Teori Relativitas Khusus, Albert Einstein telah memberikan pemahaman baru bahwa sejumlah besar energi bisa dibebaskan dari sejumlah kecil materi. Inilah yang dinyatakan oleh rumus E=mc2 (energi = massa dikali kecepatan cahaya dikuadratkan). Bom atom dibuat berdasarkan prinsip ini.

“… adalah tidak bijaksana merusak dengan ceroboh bahkan terhadap atom-atom sebuah molekul…”

“… sebutir materi berisi energi yang cukup … untuk menghasilkan seratus ribu ton hampir dua mil …”. Kemudian …

Tangisan keras terdengar dari orang-orang. “Berikan kepada kami hari yang lain – hanya satu hari yang lain!”

Tetapi Brande memberikan jawaban, “Sekarang sudah terlambat.”

“Sudah terlambat!” orang-orang itu meratap.

“Ya, sudah terlambat. Aku sudah memperingatkan kalian sejak dulu. Apakah kalian belum siap? Dalam dua jam agen kehancuran itu akan mulai bekerja. Tidak ada kuasa manusia yang bisa menghentikannya sekarang, yaitu setiap partikel dari materi yang sudah kutambahkan dan dicerai-beraikan ke udara. Sebelum aku menjejakkan kakiku ke atas batu ini, aku memasukkan kunci yang akan membebaskan energi yang tak bisa dipisahkan. Aku sendiri tidak berdaya melawannya.”

Dikutip dari cerita The Crack of Doom oleh Robert Cromie, dipublikasikan tahun 1895

3. Sistem GPS

Global Positioning System (GPS) adalah sistem navigasi satelit yang berfungsi dengan baik. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini kemudian diterima oleh alat penerima di permukaan, dan digunakan untuk menentukan posisi, kecepatan, arah, dan waktu.

Di dalam cerita fiksi The Cometeers oleh Jack Williamson yang dipublikasikan oleh Street and Smith tahun 1936 alat serupa itu disebut Cartograph:

Ia berusaha untuk membuka cartograph dari sabuknya. Ia telah membawa instrumen kecil ini untuk memetakan gerakan-gerakan mereka. Ia membuka penutupnya dan melihat dengan seksama pada tampilan.

“Dimana hampir tujuh mil dari wilayah penjara sudah dipergunakan,”katanya berkata penuh pertimbangan.

4. PDA

Personal Digital Assistant (PDA) adalah sebuah alat multifungsi, selain berfungsi sebagai notebook kecil dan bisa menjelajah dunia maya, PDA juga berfungsi sebagai telepon selular. PDA yang pertama diluncurkan adalah Psion Organizer dengan 8 bit Hitachi 6301-family processor, 4K ROM, 2K RAM baterei dan layar LCD monokrom berbaris tunggal.

Di dalam cerita fiksi The Age of the Pussyfoot oleh Frederik Pohl yang dipublikasikan oleh Ballantine tahun 1965, alat sejenis PDA yang disebut Joymarker, selain sebagai telepon selular dan PDA, juga dilengkapi fungsi untuk alat pembayaran atau kartu kredit.

Sebagian kutipan dari buku itu:

Prinsip tentangnya jelas cukup. Alat tersebut adalah sebuah stasiun input-ouput yang dikontrol dengan program komputer yang dibagi waktunya, dengan pemasangan tertentu yang difungsikan sebagai tabung saku, peralatan P3K, tas kosmetik, dan lain-lain. Barangkali bisa disamakan dengan tongkat pesulap.

Transponder komputer dengan akses dikendalikan dari jauh ini disebut “joymaker” adalah satu-satunya peralatanmu yang sangat berharga di dalam hidupmu yang baru. Jika anda dapat membayangkan suatu kombinasi telepon, kartu kredit, jam alarm, catatan saku, pustaka referensi, dan sekretaris 24 jam, anda sudah memiliki sebagian gambaran dari fungsi yang disediakan oleh joymakermu.

5. Kartu kredit

Bagi anda yang tidak ingin repot membawa uang tunai dapat menyimpannya secara elektronik di dalam sebuah kartu yang disebut kartu kredit atau debit. Kartu yang mudah dibawa di dalam dompet ini disebut juga uang plastik. Dengan kartu ini anda dapat berbelanja tanpa harus memenuhi dompet dengan lembaran-lembaran uang yang cukup tebal.

”Suatu kredit yang sesuai dengan bagiannya dari produk nasional tahunan diberikan kepada setiap warganegara di pembukuan publik di setiap awal tahun, dan sebuah kartu kredit dikeluarkan untuk itu yang dapat diperoleh di tempat penyimpanan umum di setiap komunitas, apapun dan kapanpun diinginkan. Pengaturan ini, anda akan lihat, secara penuh menggantikan cara bertransaksi lainnya antara individu-individu dan para pelanggan. Barangkali anda berminat untuk melihat bagaimana bentuk kartu kredit kami itu.”

Dikutip dari buku Looking Backward oleh Edward Bellamy, yang dipublikasikan tahun 1888.

6. Peralatan selam (Scuba Diving)

Penyelaman ke bawah laut dalam adalah bagian dari kegiatan eksplorasi bawah laut, baik penelitian-penelitian kehidupan di laut maupun untuk keperluan pembangunan tambang-tambang minyak bumi. Untuk keperluan itu diperlukan peralatan selam berupa pakaian khusus dan helm anti air yang dilengkapi tabung udara untuk bernafas di bawah air dalam.

“Anda mengetahui sebaik saya, Profesor, bahwa manusia dapat tinggal di bawah air, asalkan membawa persediaan yang udara yang cukup untuk bisa bernafas. Dalam pekerjaan di bawah laut, para pekerja dibungkus pakaian yang tak dapat ditembus air dan dilengkapi dengan helm berbahan logam di kepalanya, menerima udara dari atas dengan pertolongan pompa dan regulator”.

“Itu adalah sebuah alat penyelam,” kataku.

“Benar sekali, tetapi di dalam kondisi ini orang tidak bebas. Ia sangat bergantung dengan pompa yang mengirimkan kepadanya udara melalui sebuah selang karet, dan jika kita harus seperti itu, maka kita bergantung kepada Nautilus, kita tidak bisa pergi jauh.”

Dikutip dari 20,000 Leagues Under the Sea oleh Jules Verne, dipublikasikan oleh Various tahun 1875.

7. DVD

DVD (Digital Versatile Disc) yang proposalnya dibuat pertamakali tahun 1993 adalah generasi berikut setelah CD (Compact Disc) yang ditemukan akhir tahun 80-an. DVD adalah penemuan banyak pihak dari beberapa perusahaan elektronik dunia yang membentuk sebuah konsorsium antara lain Hitachi, JVC, Matsushita, Mitsubishi, Philips, Pioneer, Sony, Thomson, Time Warner, and Toshiba. Dengan kemampuan daya simpan enam kali lebih besar dari CD, DVD mampu menyajikan kualitas gambar dan suara yang lebih sempurna.

Ia menyusun-nyusun silinder ganjil ini untuk beberapa saat dan meletakkannya kembali. Lalu ia menuju ke sebuah alat berbentuk bujur sangkar dan mencobanya. Ia membuka penutupnya dan menemukan salah satu dari silinder ganda di dalamnya, dan di bagian tepi atasnya sebuah tombol listrik. Ia menekan bagian ini dan sebuah klik yang cepat dimulai kemudian berhenti. Ia menyadari akan bunyi-bunyian dan musik, dan memperhatikan permainan warna yang menarik pada permukaan yang lembut. Ia tiba-tiba menyadari apa yang telah terjadi, lalu melangkah mundur untuk lebih memperhatikannya.

Di layar yang datar tampak sebuah gambar kecil, dengan warna yang terang, dan di dalam gambar ini ada figur-figur bergerak. Tidak hanya bergerak, tetapi mereka sedang berbicara dengan suara kecil yang jernih. Itu persisnya seperti di alam nyata ketika memandang melalui sebuah teropong opera yang dibalikkan dan mendengar melalui sebuah tabung yang panjang. Minatnya menangkap sebuah situasi, ketika tampak seorang manusia melangkah mondar-mandir dan marah kepada seorang wanita cantik yang juga marah. Keduanya berseragam indah yang nampak asing bagi Graham.

Dikutip dari cerita When the Sleeper Wakes oleh H.G. Wells. Dipublikasikan tahun 1899.

8. Laser

LASER adalah singkatan dari Light Amplification by the Stimulated Emission of Radiation. Tahun 1917, Albert Einstein yang pertama berteori sekitar proses pembuat laser yang disebut “pancaran yang distimulasi”. Dalam tahun 1954, Charles Townes dan Arthur Schawlow menemukan maser (microwave amplification by stimulated emission of radiation) yang menggunakan gas amoniak dan radiasi gelombang mikro. Kemudian dengan diilhami maser, Gordon Gould membuat laser optik mulai tahun 1958.

Tiba-tiba ada suatu kilatan cahaya, dan asap kehijau-hijauan yang berkilauan muncul dari lubang kecil dalam tiga hembusan yang terpisah, membumbung ke atas, satu demi satu ke dalam udara yang hening.

Asap ini (atau nyala api, barangkali, akan menjadi lebih baik dengan kata itu) sangat terang di mana langit biru deta di atasnya dan merentang samar-samar berwarna coklat ke arah Chertsey, serasi dengan kayu tusam hitam, tampak akan meredup dengan cepat seperti ketika tiupan ini muncul, dan kembali menjadi lebih gelap setelah sirnanya. Pada waktu bersamaan sebuah bunyi berdesis terdengar.

Dikutip dari cerita fiksi The War of the Worlds oleh H.G. Wells yang diterbitkan tahun 1898.

9. Videophone

Nama “videophone” dipakai secara umum sekitar tahun 1950, meskipun kata “video telephone” mungkin sudah dikenal sebelumnya setelah kata benda ‘video’ ditemukan dalam 1935. Sebutan videophone dibedakan dari videoconferencing di mana yang pertama lebih dimaksudkan untuk melayani individu, bukan kelompok-kelompok. Istilah videophone sering juga dikenal sebagai videocalls, dengan penggunaan katakerja yang terkait adalah videocalling. Handphone di masa sekarang menggunakan teknologi 3G dengan bantuan webcame untuk mengambil gambar dari pembicaranya.

Pagi ini Mr. Fritz Napoleon Smith terjaga dari tidur dalam humor yang sangat jelek. Istrinya menuju Prancis delapan hari yang lalu dan ia merasakan keputusasaan. Yang tampak tidak masuk akal adalah di dalam 10 tahun pernikahan mereka, untuk pertama kali Mrs. Edith Smith, seorang model yang profesional dan juga istrinya lama absen dari rumah; dua atau tiga hari biasanya mencukupi baginya untuk berjalan-jalan ke Eropa. Hal pertama yang dilakukan Mr. Smith adalah mengaktifkan phonotelephote-nya, kabel-kabel yang menghubungkannya dengan rumah besarnya di Paris. Telephote! Ini adalah kemenangan besar dari ilmu pengetahuan modern. Pengiriman suara adalah sebuah cerita lama, pengiriman gambar dengan bantuan cermin yang sensitip dan dihubungkan melewati kawat adalah suatu hal dari kemarin. Suatu penemuan yang sangat berharga. Pagi ini Mr. Smith sedang penuh dengan keberkatan untuk pencipta, karena dengan bantuan alat ciptaannya ini, dia mampu dengan jelas memandang wajah istrinya meskipun dalam jarak yang sangat besar.

Terjemahan ini dikutip dari In the Year 2889 oleh Jules Verne. Dipublikasikan dalam tahun 1889

10. Robot

Robot industri pertama ditemukan oleh Dr. Engelberger pada awal 1960-an, yang bekerja untuk sebuah perusahaan yang disebut Union Mate. Belajar mengenai tipe pertama dari robot-robot industri, yang masih digunakan di dalam pabrik-pabrik industri dewasa ini, dengan informasi dari sebuah peralatan listrik dan profesor mesin komputer di dalam video bebas pada robot-robot.

Cerita berikut tentang R.U.R. (Rossum’s Universal Robots) dipertunjukkan pertama kali di Prague, Cekoslovakia tahun 1921. Kata “robot” yang berasal bahasa Cekoslovakia “robota” yang bermakna “pekerjaan yang menjemukan” atau “perbudakan”. Sebuah robotnik adalah seorang pelayan yang melaksanakan pekerjaan kasar.

Domin: “Kenyataan berbicara, apa yang merupakan jenis pekerja terbaik?”

Helena: “Yang terbaik? Mungkin salah satunya yang – yang – yang jujur dan berdedikasi.”

Domin: “Bukan, pekerja terbaik adalah yang termurah. Satu orang dengan kebutuhan-kebutuhan yang paling sedikit. Rossum Muda membuang segalanya tidak berhubungan secara langsung dengan pekerjaan, dan dalam melakukan itu dia hampir-hampir menolak manusia dan menciptakan Robot.”

Dikutip dari R.U.R., oleh Karel Capek yang diterbitkan dalam 1920.

11.Wireless Access Point

Di dalam jaringan komputer, sebuah wireless access point (WAP or AP) adalah sebuah alat yang menjadikan alat-alat komunikasi nirkabel tersambungkan ke sebuah jaringan tanpa kawat dengan menggunakan Wi-Fi, Bluetooth atau standar-standar yang dihubungkan. WAP biasanya disambungkan ke sebuah jaringan yang dilengkapi, dan dapat menyiarkan ulang data di antara alat-alat nirkabel (seperti komputer atau printer) dan dilengkapi alat-alat pada jaringan.

Pada saat berjalan bersama Mr. Barnstaple ia berkata akan mendengar dari ibunya, dan Mr. Barnstaple menunjukkan surat-menyuratnya di Utopia. Crystal membawa sebuah gulungan kecil kawat dan batangan yang ringan, dan segera mendatangi suatu tempat di mana terdapat sebuah tiang tertancap di tengah-tengah halaman rumput. Dia membentangkan benda ini seperti sebuah ayunan panjang untuk kucing dan memberikan sentuhan kecil pada tiang dengan sebuah kunci dan kemudian membawa sebuah rantai emas yang ringan di lehernya. Lalu ia mengambil sebuah penerima yang berkait dengan pirantinya, dan berbicara dengan suara keras dan mendengarkan, lalu segera terdengar suara. Itu adalah suara wanita yang sangat menyenangkan. Alat itu berbicara kepada Crystal untuk sementara waktu tanpa gangguan, dan lalu Crystal berbicara kembali, setelah itu ada suara-suara lain, sebagian dari jawaban Crystal dan sebagian dari orang didengarnya tanpa jawaban. Lalu ia mengumpulkan peralatannya lagi. Ini adalah pelajaran bagi Mr. Barnstaple mengenai padanan di Utopian dari surat dan telepon. Untuk di Utopia, kecuali ada pengaturan sebelumnya, orang-orang tidak bisa berbicara bersama-sama saat bertilpun. Sebuah pesan dikirim ke stasiun daerah di mana penerima itu dikenal, dan di sana pesan itu ditunggu sampai dia memilih pesan-pesan yang dikumpulkannya. Dan setiap pesan-pesan itu yang ingin diulang bisa diulangi. Lalu ia berbicara kembali kepada pengirim dan pengiriman pesan-pesan lain yang diharapkan. Transmisi itu tanpa kabel. Tiang-tiang kecil menyuplai tenaga listrik untuk transmisi atau untuk tujuan lainnya yang diperlukan orang-orang Utopia.

Dari Men Like Gods, oleh HG. Wells, dipublikasikan tahun 1923.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s