Menjawab Kebutuhan Ahli ICT


Information and communication dan technology (ICT) kini semakin nyata merasuki kehidupan kita dan kian berpengaruh pada cara berkomunikasi, bekerja, berkreasi, maupun mendapatkan informasi dan hiburan di mana pun tanpa dikekang ruang dan waktu. Khususnya di kalangan generasi muda, yang kini semakin berlaku sebagai digital natives, yang kesehariannya tak pernah lepas dari teknologi digital di sekelilingnya.

Menjawab tantangan dan kebutuhan itu, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) hadir bagi para generasi muda yang ingin mengedepankan kualitas dalam penguasaan bidang ICT. Dr (HC) Jakob Oetama, Pemimpin Umum dan Pendiri UMN mengatakan, UMN mendidik generasi muda Indonesia tidak hanya menguasai ICT. “Melainkan juga membentuk watak dan kepribadian sehingga mampu memanfaatkan ICT secara maksimal,” kata Jakob Oetama.

Mendirikan UMN, Kompas Gramedia, yang merupakan kelompok perusahaan terkemuka di bidang media, penerbitan, percetakan, toko buku, dan hotel, melihat adanya tantangan kemajuan ICT yang kini semakin pesat. Dengan visi menjadi perguruan tinggi unggulan di tingkat nasional dan internasional bidang ICT, UMN mampu menghasilkan lulusan dengan kompetensi tinggi di bidang itu dan dengan dilandasi jiwa technopreneur yang berbudi pekerti luhur.

Melalui visi itulah, UMN berharap dapat menjawab segala tantangan zaman terhadap berbagai macam kebutuhan tenaga ahli di bidang ICT.

Mengapa UMN?

Perbedaan mencolok antara UMN dan universitas lain adalah pada daya dukung industri terkaitnya, yaitu KompasGramedia. Selain menyediakan kurikulum yang terfokus pada bidang ICT, kampus yang berlokasi di Plaza Summarecon, Serpong, Tangerang, ini juga menawarkan kesempatan magang di Kompas Gramedia.

Pun, selain menyiapkan tenaga pengajar berkualitas, UMN menerapkan experienced based learning dengan menghadirkan para ahli dan profesional yang berpengalaman di bidang terkait. Beberapa di antaranya adalah Arbain Rambey (fotografer harian Kompas) dan Dwi Koen (Komikus).

Keunggulan lain UMN juga terletak pada laboratorium dan perpustakaan mutakhir, kerja sama dengan Mircosoft, Oracle, serta Cisco, kerja sama dengan universitas lain di luar negeri, pembekalan konsep enterpreneuership, business incubator yang terintegrasi dengan kurikulum, serta dormitory atau asrama.

Dengan semua keunggulan tersebut, semua lulusan UMN diharapkan mampu menjadi pemimpin di bidang ICT. Pemimpin yang akan mampu bersaing secara global dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi bangsa Indonesia.

Program studi

Saat ini UMN menyediakan empat fakultas, antara lain fakultas teknologi informasi dan komunikasi (TIK/ICT), fakultas komunikasi, fakultas seni dan desain, serta fakultas ekonomi. Di fakultas TIK/ICT, UMN menyediakan tiga program studi yaitu teknik informatika (mobile software engineering), sistem informasi (mobile information system), dan sistem komputer (mobile computing and mobile communication).

Salah satu pilihan program studi yang dapat menjawab kebutuhan konvergensi teknologi ICT adalah program studi sistem komputer (SK). Program dirancang agar para lulusannya memahami kedua teknologi komunikasi dan infomasi, baik dari segi hardware maupun software.

Dengan bekal kemampuan itu, para lulusan UMN akan mampu merancang dan membangun jaringan komputer dan komunikasi, baik di dalam perusahaan dan mobile, serta merancang sistem kontrol bagi perangkat yang berbasis teknologi informasi.

Sementara itu, pilihan program studi lainnya adalah fakultas komunikasi. Fakultas ini memiliki program studi ilmu komunikasi dengan dua pilihan bidang minat yaitu multimedia journalism dan multimedia public relation. Sedangkan fakultas seni dan desain menyajikan program studi desain komunikasi visual dengan tiga pilihan peminatan yaitugraphic design, animation, serta digital cinematography.

Khusus di fakultas ekonomi, UMN menyediakan program studi manajemen (ICT business management) dengan dua pilihan peminatan, yaitu manajemen pemasaran dan manajemen keuangan, serta program studi akuntansi (ICT based accounting) dengan dua pilihan peminatan yaitu auditing dan taxation.  (kompas.com)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s