UMN Bangun Lima Tower Kampus Ecofriendly


TANGERANG – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) terus mengembangkan sarana perkuliahan dengan mulai membangun kompleks kampus tahap dua berupa lima tower bergaya ecofriendly di Kawasan Serpong, Tangerang.  Pembangunan fasilitas baru ini diresmikan oleh Ketua Yayasan Multimedia Nusantara, Ir. Teddy Surianto, didampingi oleh Rektor Dr. Ninok Leksono, Jumat (29/4) dalam acara pemancangan tiang pertama.

Pembangunan proyek prestisius di lahan seluas 30 ribu meter persegi ini merupakan respons UMN untuk mengantisipasi jumlah mahasiswa yang terus bertambah. Guna mewujudkan rancang bangun green building ini, UMN menggandeng PT Media Land International yang sebelumnya sukses membangun gedung ramah lingkungan, Allianz Tower, di Kawasan Kuningan, Jakarta.

Pimpinan Proyek dari PT Media Land International,Thomas Sigit mengatakan, untuk tahap awal, akan dibangun satu tower berlantai 15 yang diharapkan bisa selesai dan dapat digunakan pada Juli 2012 mendatang.  Sedangkan pembangunan tower-tower berikutnya akan diselesaikan secara bertahap hingga semuanya dijadwalkan rampung  pada 2018. Dengan lima tower dan fasilitas pendukung lainnya seperti dormitory dan sarana olahraga, kampus ini nantinya dapat menampung 20 ribu mahasiswa.

“Di samping lima tower, nantinya juga ada convention hall yang dapat menampung empat hingga lima ribu orang,” kata Thomas Sigit.

Mengusung konsep green building yang hemat energi, rancang bangun tower ini berbentuk langsing pipih dengan dibalut dua lapisan yang dapat mengurangi terik matahari.  Lapisan pertama berupa kaca, kemudian lapisan luarnya berupa aluminium dengan lubang-lubang, sehingga bila kaca dibuka, udara luar bisa masuk. Di bagian atas akan ada taman dengan pohon-pohon besar dan rindang.

Kompleks tower berarsitektur unik ini nantinya juga dilengkapi dengan lahan hijau berupa taman yang luas serta danau buatan yang dapat menampung air hujan guna didaur ulang untuk keperluan pendinginan, penyiraman taman, dan keperluan lainnya.  (clarisa m/insight)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s