8 Widget yang Sebaiknya Ada di Blog


Ada banyak widget, dan kelihatannya semua menarik. Tapi ada beberapa widget yang sebaiknya ada di blog. Apa saja itu? Baik itu widget yang dipasang di sidebar atau post area. Tentunya dalam memasang widget tidak hanya memperhitungkan tampilan tapi yang lebih penting adalah harus mempertimbangkan fungsinya.

 

  1. Recent post, yaitu widget yang menampilkan tulisan-tulisan terbaru kita. Walau di halaman utama menampilkan beberapa postingan terbaru, tapi saat seorang itu datang tidak langsung lewat halaman utama recent post menjadi sangat penting.
  2. Recent comment, yaitu widget yang menampilkan komentar-komentar terbaru dari blog kita. Karena biasanya sebuah blog identik dengan person sehingga tulisannya itu beruda pemikirannya dan bisa dikomentari orang lain. Selain itu akan menambah semangat untuk berkomentar dan menghargai komentarnya.
  3. Button share, ini adalah satu widget yang akan bisa menyebarkan tulisan kita ke jejaring sosial atau bookmarking. Tulisan kita mudah menyebar dengan dibagikan ke twitter atau facebook. Sehingga akan bisa menjadi ajang promosi blog dan bisa mendatangkan pengunjung.
  4. Related Post, yaitu widget yang menampilkan tulisan-tulisan yang terkait dengan tulisan yang kita baca. Karena dengan demikian akan mempermudah pembaca untuk mendapatkan ilmu atau bacaan yang terkait. Selain itu akan bisa mendatangkan banyak page view.
  5. Komunitas blog, widget-widget yang sebagai media untuk membentuk komunitas blog, misalanya google friend connect, facebook fan page dan lain-lain. Fungsinya untuk membentuk komunitas yang ramai, mempermudah pengunjung untuk berlangganan feed blog kita.
  6. Situs jejaring sosial, yaitu salah satu widget jejaring sosial yang kita ikuti. Dengan memasang, misalnya twitter update. Blog kita akan selalu terlihat update dan ada pemiliknya yang bisa dihubungi.
  7. Arsip, yaitu yaitu widget yang menampilkan bulan kita ngeblog, dan juga bisa menampilkan jumlah tulisan dalam setiap bulan berapa kali kita posting. Selain itu juga akan mempermudah dalam penulusuran.
  8. Search engine, ini dia widget yang dianggap sangat penting. Karena bisa dibayangkan betapa sulitnya mencari suatu kata kunci yang ada di blog kita tanpa search engine.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s