PENGEMBANGAN MEDIA


  1. Media Berbasis Visual

Konsep yang disampaikan kepada siswa dapat dikembangkan dalam berbagai bentuk seperti foto, gambar/ilustrasi, sketsa/gambar garis, grafik, bagan, chart, dan gabungan dari dua bentuk atau lebih.

  1. Media Berbasis Audio-Visual

Media audio dan audio-visual merupakan bentuk media pembelajaran yang murah dan terjangkau. Siswa dapat mempelajari materi lebih banyak, diantaranya dapat digunakan dengan cara mendengarkan dan mengevaluasi yang telah didengar, mengatur dan mempersiapkan diskusi, menjadikan model yang akan ditiru oleh siswa, dan menyiapkan variasi yang menarik.

  1. Media Berbasis Komputer

Penggunaan komputer sebagai media pembelajaran dikenal dengan nama pembelajaran dengan bantuan komputer (Computer-assisted Instruction – CAI). Dilihat dari situasi belajar, komputer digunakan untuk tujuan menyajikan isi pelajaran, CAI bisa berbentuk tutorial, drills and practice, simulasi dan permainan.

  1. Multimedia Berbasis Komputer dan Interactive Video

Secara sederhana ini diartikan sebagai lebih dari satu media, yaitu kombinasi atau perpaduan dari dua atau lebih jenis media yang ditekankan pada kendali komputer sebagai penggerak keseluruhan gabungan media itu. Dewasa ini dikenal berbagai macam kombinasi seperti grafik, teks, suara, video, dan animasi.

Jenis-jenis peralatan yang digunakan untuk menggabungkan audio-visual tersebut adalah sebagai berikut, komputer, video kamera, video cassette recorder (VCD), CD player, dan compact disk.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s