Henry Ford Label


“Bila Anda berpikir Anda bisa,maka Anda benar. Bila Anda berpikir Anda tidak bisa, Anda pun benar… karena itu ketika seseorang berpikir tidak bisa, maka sesungguhnya dia telah membuang kesempatan untuk menjadi bisa.”

Henry Ford adalah seorang milyarder, pengusaha dan pendiri Ford Motor Company yang hingga kini masih akssis sebagai produsen mobil terkemuka dunia dengan merek dagang FORD. Ia berjasa dalam revolusi industri di Amerika dan sekaligus penemu paling produktif dengan kepemilikan 161 paten di Amerika Serikat. Sebagai pemilik dari Ford Motor Company ia menjadi salah satu orang terkaya dan paling terkenal di dunia. Tidak itu saja, kepribadiannya terkenal sangat bersahaja, dermawan dan sangat menghargai buruh.

Henry Ford lahir pada 30 Juli 1863 di Dearborn, Michigan, Amerika Serikat. Orangtuanya imigran Irlandia yang tinggal di daerah peternakan Dearborn, Michigan. Henry Ford dengan menjadi anak tertua dari enam bersaudara. Ford memulai kariernya sebagai teknisi Detroit Dry Dock Co pada tahun 1879. Pada tahun 1882 bekerja dengan perusahaan mesin uap Westinghouse. Pada 1893 ia menciptakan bensin pertama Quadricycle (sepeda beroda empat). Dengan beberapa investor ia memperbaiki desainnya di Perusahaan Detroit Automobile. Namun Perusahaan itu bangkrut tak lama kemudian. Ford kemudian mendirikan Henry Ford Company yang akhirnya berubah nama menjadi Ford Motor Company pada tahun 1903. Produksi pertama kali adalah mobil Ford model T pada tahun 1908 dan sukses di pasaran. Henry Ford kemudian merevolusi desain dan pembuatan mobil, memperkenalkan pabrik perakitan dalam jumlah massal dan harga yang terjangkau bagi konsumen di seluruh Amerika Serikat. Saat itu mobil merupakan barang mewah dan hanya bisa dimiliki orang-orang kaya, namun Ford Motor Company berhasil memasarkan mobil yang relatif murah dan diproduksi dalam jumlah besar.

 

Pada tahun 1918, separuh dari jumlah total mobil di Amerika Serikat adalah model T buatan Ford. Angka penjualan mencapai 15 juta unit. Produksi Model T akhirnya berhenti pada tahun 1927. Dalam bidang ketenagakerjaan Ford berani membayar tinggi para pekerjanya untuk 5 hari kerja atau 40 jam kerja seminggu bagian normal kehidupan kerja. Di bidang sosial Henry Ford menciptakan Ford Foundation pada tahun 1936 untuk meningkatkan kesejahteraan manusia melalui dana penelitian, hibah pendidikan dan pembangunan.

Pada tahun 1896, Ford diperkenalkan kepada Thomas Alfa Edison. Edison mendukung eksperimen mobil Ford, sehingga Ford berhasil merancang dan membangun mobil kedua setelah model T, yang diselesaikan pada 1898. Mobil baru yang dirancang Ford di pamerkan di Danau St Clair, kecepatannya 1 mil (1,6 km/39,4 detik) dan memecahkan rekor kecepatan 91,3 mil per jam (147,0 km / h). Mobil ford model 999 kemudian digunakan pembalap Barney Oldfield, di ajang balap mobil di Amerika. Hal ini membuat merek Ford dikenal di seluruh Amerika Serikat. Ford juga adalah salah satu pendukung arena balapan Indianapolis 500.

Pada tahun 1914 Publik dunia heran melihat Ford menawarkan upah $ 5 per hari untuk para pekerjanya, yang berarti dua kali lipat gaji buruh pada umumnya. Besarnya upah ini justru meningkatkan efisiensi perusahaan. Karyawan dan mekanik terbaik di Detroit berbondong-bondong masuk ke Ford Motor Company, membawa keahlian, kreatifitas, produktivitas. Akhirnya biaya pelatihan dapat ditekan.

Ford tidak hanya berkiprah dalam produksi mobil. Perusahaan ini juga bergerak dalam pembuatan alat-alat perang dan mesin pesawat. Kemenangan sekutu dalam perang dunia I dan II tidak lepas dari inovasi teknologi dari Ford Motor Company. Pada 1947, pada usia 83 Henry Ford meninggal karena pendarahan otak dan dimakamkan di Pemakaman Ford di Detroit.

Thanks to wikipedia

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s