Membuka Situs Yang di Blokir


 Beberapa situs yang ada di Internet memang kadang-kadang membuat kita lupa waktu ketika mengakses Web tersebut, contoh nya facebook, friendster dsb, hal ini mengakibatkan beberapa internet share memblokir situs-situs tersebut, biasa nya blokir web ini dilakukan oleh tempat-tempat sepreti di kantor, kampus dll.

Nah, khusus situs-situs yang di blokir melalui server ini kita ternyata bisa juga nembus web-web yang di blok tersebut, cara nya mudah, kita tinggal pake aja proxy, jadi inti nya kalo kita menggunakan proxy adalah komputer kita tidak akan me-request IP komputer yang sebenarnya.

Jadi kalo di ilustrasikan begini:

Tanpa Proxy: Komputer kita–>Website

Dengan proxy: Komputer Kita–>Komputer Lain–>Website

Jadi secara tidak langsung kita mengakses web yang terblokir tapi dengan terlebih dahulu “dijembatani” oleh komputer lain, sehingga IP yang kita kunjungi bukan lagi dari IP web yang terblokir, melainkan dari IP komputer lain. dan untuk mengubah proxy bisa dilakukan dengan cara di bawah ini:

 

Mozilla firefox:

- Tools –> Options

- Lalu kita memilih “tab Advanced”–>dan dilanjutkan dengan “tab Network”  –> kemudian kita klik Setting

- kita Klik opsi “ Manual proxy configurations “ –> dan kemudian kita isikan nomor IP Proxy server yang bisa di cari di Proxy4free.com, misalnya : 313.287.279.221 dan portnya : 8888.

- Dan pada sesi yang terakhir kita kasih ceklist di “ Use this proxy for all protocol “

Internet Exploler :

- Pilih  “Menu Tools”–>Kemudian klik “Internet Options”–>Lalu klik “tab Connections”.

- Lalu setelah itu pilih “LAN Setting” –>Kemudian kasih ceklist di opsi “ Automatically detect setting “ –>lalu di pilihan “Proxy server”, ceklist optional “ Use a proxy server for LAN”.

- Lalu pada step ini silahkan isi nomor proxy, misal : 313.204.279.221 dan di port : 8888. kemudian pada langkah terakhir ceklist “Bypass proxy server for local address” , dan OK.

Dah Selesai deh…

Adapun cara mudah dengan menggunakan translate google…!
Misalkan saja Youtube. (Itu pernah terjadi dengan saya ketika main diwarnet) Alasan admin memblokir situs Youtube karena takut nanti koneksi internet untuk client yang lain down (adminnya gak pandai bagi bandwith kali ya?? :P ). atau mungkin kita sedang main internet di lab komputer sekolah/kampus, iseng-iseng buka Youtube eh ternyata di blokir juga.

Sebenarnya ada banyak cara supaya kita bisa membuka situs-situs yang di blokir. Kalau kita ketik di Google “anonymous proxy” pasti banyak sekali website yang menawarkan proxy service. Tapi kadang kala kita di buat tambah jengkel sama si admin, situs anonymous proxy nya yang sebelumnya kita buka tadi juga ikut di blokir sama si admin. Kita buka lagi situs anonymous proxy yang lainnya, ternyata ikutan di blokir.. DAMM.!!

Trik terakhir saya coba pakai Google Translate. Hehehehe.. dan hasilnya 100% berhasil dan tidak ada pemblokiran sama sekali terhadap Google Translate sampai sekarang. Dan saya pun bebas untuk memutar video di Youtube. Alasan si admin kenapa tidak ikut memblokir situs Google Translate mungkin itu hal yang mustahil untuk memblokir situs Google dan aplikasinya Google Translate, karena semua orang butuh Google untuk mencari informasi dan menterjemahkan suatu web yang bahasanya berbeda.

Caranya gampang, kita buka http://www.google.com/translate nanti akan terbuka halaman seperti ini.

Di “From” nya pilih bahasa sesuka hati kamu, disini saya contohkan memakai bahasa Azerbaijani. Dan “To” nya pilih bahasa English. Kemudian ketikkan url situs Youtube atau situs yang lainnya di textarea, kemudian klik tombol “Translate”.

Di address bar browser kita, bisa dilihat url-nya tidak langsung membuka url http://www.youtube.com melainkan membuka url terjemahan untuk situs Youtube. Dengan kata lain url http://www.youtube.com di sembunyikan.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s