Upgrade Ubuntu


Terkadang ada pertanyaan dan kegelisahan bagi para pengguna ubuntu karena ubuntu secara reguler launching per 6 bulan. Hal ini menimbulkan pertanyaan berarti setiap 6 bulan sekali harus mengganti ubuntu dengan ubuntu versi terbaru. Benarkah begitu?

Jawaban dari saya bisa benar bisa juga tidak. Tergantung posisi anda sebagai user. Jika anda menggunakan ubuntu untuk bereksperimen, silahkan ada mencoba ubuntu versi terbaru setiap dia keluar. Namun bagi anda yang tidak rela mengganti ubuntu anda dengan install ulang, sebenarnya anda bisa  mengupgrade ubuntu anda tanpa menginstall ulang. Ada beberapa opsi yaitu:

  •  Menguprade library-library yang perlu diupgrade
    Tidak semua library perlu diupgrade, tergantung kebutuhan. Untuk linux mungkin yang perlu adalah kernel, kemudian library yang dibutuhkan oleh aplikasi anda. Karena Sistem Operasi adalah tempat berjalannya aplikasi, selama aplikasi anda bisa berjalan apapaun sistem operasinya bukan masalah menurut saya. Untuk melakukan hal ini adalah anda cukup melakukan
     $ sudo apt-get update
     $ sudo apt-get upgrade atau $ sudo apt-get dist-upgrade
  • Mengupgrade ubuntu ke versi terbaru melalui repository
    Jika anda menggunakan repository dari internet, cukup ganti pada source list anda dengan jenis ubuntu terbaru, misalkan feisty diganti dengan gutsy. Kemudian lakukan seperti langkah sebelumnya.
    $ sudo gedit /ect/apt/sources.list
    Replace feisty dengan gutsy (untuk upgrade dari feisty ke gutsy)
    $ sudo apt-get update
    $ sudo apt-get dist-upgrade
  • Mengupgrade ubuntu ke versi terbaru dengan menggunakan CD alternate
    Katanya sih bisa, tapi belum pernah mencoba, ada yang tahu?

Mungkin itu tips untuk mengupgrade ubuntu. Semoga bermanfaat.

2 responses to “Upgrade Ubuntu

  1. Dulu sih Ubuntu bisa diupgrade dari Update Manager, pas udah ada versi barunya ada tombol upgrade di situ. Gw nggak tau dah itu masih ada apa nggak, install ulang terus soalnya belakangan ini.

    Kalo 6 bulan dirasa terlalu cepet sih coba install versi LTS yang keluar 2 tahun sekali aja, ntar Ubuntu 12.04 LTS juga tuh.:mrgreen:

    • Emang bear sh bro…klo 6 bln skali mang agak kcptan sih, untuk skrng gw jg lg nyoba gnain versi LTS.a, gw jg msih minim/sdkit yg q tw soal linux…soal.a gw hnya trbiasa dgn windows aja

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s