Pengenalan VB (Visual Basic)


Belajar Visual Basic di prothelon.com saja, seperti biasa dengan bahasa yang mudah dipahami.

Seperti jugayang kita pahami saat belajar PHP, setelah belajar Visual basic kamu akan menyadari bahwa visual basic adalah sebuah bahasa pemrograman yang mudah dipelajari dan tutorial ini akan mengantarkan anda untuk memasuki dunia VB dengan enjoy.

Dengan belajar Visual basic, kamu bisa ngembangin aplikasi dan game-game berbasis Windows. Belajar Visual Basic jauh lebih mudah dibandingkan bahasa pemrograman lainnya (seperti Visual C++) namun tetap merupakan bahasa pemrograman yang sangat powerful.

Tertarik? Baca aja tutorial ini lebih lanjut.

Visual basic lebih cocok untuk pengembangan aplikasi dibandingkan pengembangan game. Kamu bisa aja membuat game yang menakjubkan menggunakan Visual basic, tetapi jika kamu ingin membuat game profesional yang lebih canggih seperti Quake 2, maka kamu mungkin lebih baik memilih untuk menggunakan bahasa lain (seperti C++), yang tentunya akan jauh lebih sulit untuk digunakan.

Namun demikian, Visual basic sebenarnya sudah sangat memadai untuk memenuhi hampir semua kebutuhan pemrograman aplikasi dangame yang kamu inginkan.

Keuntungan Visual basic:

  • Bahasa yang sederhana. Banyak hal yang mungkin sulit dilakukan jikak kita menggunakan bahasa pemrograman lainnya, akan dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan Visual basic.
  • Karena Visual basic sangat populer, maka sangat banyak sumber-sumber yang dapat kamu gunakan untuk belajar dan mengembangkan kemampuan kau baik berupa buku, web site dll (tentu saja salah satunya adalah http://prothelon.com J). Dengan banyaknya sumber-sumber tersebut, maka tentu saja kamu akan sangat mudah menemukan jawaban atas persoalan yang kamu hadapi kan?
  • Kamu bisa memperoleh banyak tools baik gratis maupun tidak di Internet yang akan sangat membantu menghemat waktu kamu dalam pemrograman. Contoh, jika kamu ingin membuat program untuk melakukan ping ke salah satu komputer di jaringan kamu, alih-alih membuat program ping tersebut sendiri, kamu bisa donlot sebuah kontrol yang melakukan hal tersebut dan menempelkannya di program kamu. Jika dibandingkan dengan bahasa lain, Visual basic memiliki variasi tools yang paling luas lho.

 

Kekurangan Visual basic:

  • Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang powerful, tetapi sebenarnya tidak terlalu bagus untuk membuat game-game yang benar-benar memuaskan.
  • Relatif lebih lambat dibandingkan bahasa pemrograman lain.

Ok, cukup perkenalan awal sebelum kamu belajar Visual Basic lebih lanjut.

Next: Membuat program Visual Basic Pertama Kamu

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s